Definisi Diabetes Mellitus

Definisi diabetes mellitus

Definisi diabetes mellitus. Foto : Wikipedia

Definisi diabetes mellitus merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh diatas normal. Namun, biasanya definisi ini kerang dapat diterima jika dalam kondisi setelah makan sehingga tak heran jika adabeberapa definisi diabetes mellitus.

Menurut lembaga kesehatan dunia yaitu WHO, definisi diabetes mellitus dikaitkan dengan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kelaianan metabolik dengan berbagai macam penyebab. Hal ini ditandai dengan berbagai macam penyebab hiperglikemia  karena gangguan metabolism karbohidrat, lemak dan protein. Penyakit ini muncul karena juga didukung dengan terjadinya gangguan sekresi atau kerja insulin yang merupakan hormone yang membantu dalam proses metabolisme gula. Dan organisasi kesehatan WHO pun menyatakan bahwa diabetes mellitus menyebabkan kerusakan jangka panjang yaitu gangguan pada beebagai macam organ.

Selain dari organisasi kesehatan internasional WHO, definisi diabetes mellitus juga diberikan oleh kidshealth.org. Diabetes mellitus merupakan kondisi di mana tubuh tidak menggunakan gula secara normal. Gula merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh. Kadar gula darah dalam tubuh dikontrol oleh hormone insulin yang dihasilkan oleh sel beta pankreas dan hormone ini pun juga membantu dalam metabolism gula. Umunya pada penderita diabetes mellitus, pankreas tidak dapat membuat cukup insulin atau membuat tubuh tidak merespon secara normal insulin yang diproduksi. Hal inilah yang menyebabkan kadar gula darah semakin meningkat sehingga timbul gejala banyak kencing dan juga diikuti dengan terjadinya penurunan berat badan.

Selain definisi diabetes mellitus yang sudah dijelaskan di atas, penyakit ini juga tak jarang disebut dengan penyakit gangguan metabolism karbohidrat karena adanya factor genetic atau keturunan. Ada beberapa kasus yang manyatakan bahwa penyakit diabetes mellitus dapat menyebabkan berbagai komplikasi di antaranya gangguan penglihatan, penyempitan pemuluh darah dan rentan terhadap infeksi.

Nah, itulah uraian singkat yang dapat admin berikan mengenai definisi diabetes mellitus. Semoga dapat memberikan manfaat untuk anda.

Definisi Diabetes Mellitus | guniwan | 4.5