Diabetes Tipe 1

Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1. (Foto: Flickr)

Diabetes tipe 1 merupakan jenis penyakit autoimun yang menyebabkan terjadinya kerusakan sel yang memproduksi insulin beta pankreas. Insulin sendiri adalah hormone yang memiliki fungsi mengangkut gula dalam darah dan oleh karena itu, pada penderita diabete tipe 1 terjadi peningkatan kadar gula yang disebabkan jumlah insulin yang tidak sesuai dengan kebutuhan atau dengan kata lain sel beta pankreas tidak mampu memproduksi insulin.

Peningkatan gula darah pada penderita diabetes tipe 1 saat puasa sekitar 190-200mg/dl (non diabetes) yang mulai muncul dalam urin di atas ambang ginjal (kurang lebih 190-200 mg/dl pada kebanyakan orang) sehingga tak heran jika orang menyebut penyakit diabetes sebagai penyakit kencing manis. gula yang terkandung dalam urin dapat menyebabkan pasien untuk buang air kecil lebih sering dan juga anda akan lebih sering minum.

Pada penderita diabetes tipe 1 biasanya dilakukan pengobatan dengan insulin eksogen. Dengan mengggunakan injeksi insulin diharapkan kebutuhan insulin yang seharusnya dipsekresi oleh sel beta pankreas dapat digantikan dengan insulin eksogen sehingga gula dalam darah dapat diangkut dan kadar dalam darah menjadi stabil. Apabila anda mengambil langkah pengobatan, pada penderita diabetes tipe 1 harus dilakukan secara terus-menerus. Pengobatan tidak perlu dilakukan secara signifikan yang dapat mengganggu aktivitas normal, jika pasien pelatihan yang memadai, kesadaran, perawatan yang tepat, disiplin dalam pengujian dan dosis insulin diambil.

Belum lama ini, ditemukan pengobatan baru untuk diabetes tipe 1 yaitu dengan melakukan transplantasi pankreas untuk membantu mengembalikan fungsi dari pankreas itu sendiri. Namun, untuk melakukan hal ini tentunya diperlukan biaya yang tidak sedikit.

Demikian uraian yang dapat admin berikan mengenai diabetes tipe 1. Sebagai info tambahan, penyakit diabetes tipe 1 memang muncul karena adanya factor resiko keturunan tetapi tidak menutup kemungkinan juga bagi anda yang tidak memiliki factor resiko tersebut. jadi, sebaiknya anda juga perlu waspada dengan penyakit ini. Semoga bermanfaat.

Diabetes Tipe 1 | guniwan | 4.5