Komplikasi Diabetes Mellitus

Komplikasi Diabetes Mellitus

Komplikasi diabetes mellitus. (Foto: Wikipedia)

Komplikasi diabetes mellitus merupakan penyakit yang muncul akibat diabetes mellitus. Perlu anda ketahui bahwa tidak sedikit penderita diabetes yang meninggal justru karena komplikasinya bukan karena penyakit diabetes.

Komplikasi diabetes mellitus dapat menyerang beberapa organ penting dalam tubuh manusia, diantaranya yaitu mata, jantung, kulit, tulang dan juga mengakibatkan tekanan darah tinggi yang berdampak pada stroke. mengingat banyaknya komplikasi diabetes mellitus, seharusnya penderita diabetes semakin menurun. Namun, justru yang terjadi adalah kebalikannya dan oleh karena itu, penting bagi anda untuk menjaga kestabilan gula darah.

Nah, berikut ini akan admin berikan uraian lebih lanjut mengenai komplikasi diabetes mellitus. Silahkan simak uraian berikut ini.

Komplikasi diabetes mellitus

1. Mata
Komplikasi diabetes mellitus ini dapat muncul karena kadar gula darah yang tidak stabil dapat menyebabkan masalah pada keseimbangan cairan lenssa mata. Lensa mata dapat menyerap cairan yang terlalu banyak dan akibatnya membuat mata anda membesar yang menyebabkan penglihatan anda kabur. Selin itu, gangguan pada mata juga disebabkan karena retina tidak mampu bekerja secara optimal. Gangguan mata yang sering terjadi dapat berdampak terjadinya glaucoma, katarak dan yang paling parah adalah menyebabkan kebutaan permanen.

2. Kulit
Penderita diabetes memang biasanya rentan terhadap infeksi kulit. Infeksi yang disebabkan oleh jamur dan bakteri merupakan komplikasi diabetes mellitus yang sering menyerang penderita. Biasanya untuk gangguan pada kulit ini ditandai dengan munculnya rasa gatal di kulit yang disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk.

3. Tulang
Komplikasi diabetes mellitus ini umumnya terjadi untuk anda yang menderita diabetes tipe 1. Olah karena itu, bagi penderita biasanya disarankan untuk mengkonsumsi vitamin D ataudiet dengan tinggi kalsium.

4. Tekanan darah
Penyakit diabetes mellitus menyebabkan sirkulasi darah berjalan dengan buruk dan hal ini sangat memperngaruhi terhadap tekanan darah. Komplikasi diabetes mellitus yang muncul akibat kondisi ini biasanya pada organ jantung dan penderita diabetes memiliki resiko yang tinggi terserang stroke.

Demikian uraian menarik mengenai komplikasi diabetes mellitus yang dapat admin berikan.

Komplikasi Diabetes Mellitus | guniwan | 4.5