Diabetes Tipe 2

Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2. (Foto: Flickr)

Diabetes tipe 2 adalah jenis penyakit kadar gula darah yang tinggi yang banyak dialami oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Dabetes tipe 2 terjadi karena tubuh tidak mampu memproduksi insulin dengan jumlah yang dibutuhkan tubuh atau tubuh tidak mampu merespon insulin secara tepat (resistensi insulin).

Diabetes tipe 2 merupakan salah satu penyakit yang bersifat progresif di mana secara cepat atau lambat akan semakin memburuk. Dan tidak menutup kemungkinan jika pada akhirnya penderita harus mengambil insulin baik itu dari tablet ataupun berupan suntikan agar gula darah tetap terkontrol.

Anda yang memiliki tubuh gemuk sebaiknya perlu waspada, karena kondisi obesitas memiliki resiko tinggi mengalami penyakit diabetes tipe 2 jika dibandingkan anda yang memiliki tubuh ideal. Kelebihan berat badan atau obesitas ini menyebabkan tubuh melepaskan zat kimia yang dapat mengganggu kinerja dari organ penting dalam tubuh dan juga mengganggu proses metabolisme. Hal ini pun tentunya juga akan menggganggu proses sekresi insulin.

Selain itu, resiko terkena diabetes tipe 2 akan semakin tinggi seiring dengan bertambahnya umur anda. Hal ini sampaikan oleh beberapa pakar kesehatan yang menyatakan bahwa orang semakin bertambah umur makan berat badan pun akan semakin meningkat dan juga aktivitas fisik menurun. Oleh karena itu, jumlah gula dalam darah pun akan semakin meningkat.

Diabetes tipe 2 juga biasanya dialami oleh pria yang memiliki kadar testosterone rendah. Beberapa penelitian pun menyebutkan bahwa kadar testosterone rendah sering dikaitkan dengan resistensi insulin. Bagi anda yang memiliki garis keturunan pernah mengalami diabetes tipe 2 sebaiknya juga perlu waspada.

Nah, itulah uraian singkat yang dapat admin berikan mengenai diabetes tipe 2. Semoga memberikan manfaat untuk anda.

Diabetes Tipe 2 | guniwan | 4.5