Askep Diabetes Melitus

Askep Diabetes Melitus

Askep diabetes melitus. (Foto: Wikipedia)

Asuhan keperawatan atau askep diabetes melitus seluruh rangkaian proses keperawatan yang diberikan kepada pasien secara berkesinambungan dengan kiat-kiat keperawatan yang dimulai dari pengkajian hingga evaluasi. Hal ini dilakukan dalam upaya memelihara ataupun memperbaiki derajat kesehatan yang optimal.

Secara umum askep diabetes melitus, dimulai dari pengkajian identitas dan riwayat penyakit. Selain itu, pada prosesnya dilakukan juga pemeriksaan fisik dari kepala hingga kaki untuk kemudian digunakan dalam proses diagnose, perencanaan keperawatan dan juga tindakan evaluasi.

Pada dasarnya, kegiatan askep diabetes melitus ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu penderita agar mandiri sehingga di kemudian hari dapat melakukan tindakan keperawatan mandiri, mengajak penderita dan juga masyarakat berpartisipasi dalam bidang kesehatan sehingga muncul rasa peduli terhadap kesehatan individu mapun lingkungan, membantu individu khusunya bagi penderita dalam mengembangkan potensi untuk memelihara kesehatan secara optimal sehingga tidak menggantungkan kesehatannya kepada orang lain serta membantu penderita untuk memperoleh derajat kesehatan yang optimal.

Askep diabetes melitus menjadi pilihan banyak tenaga keperawatan melihat penyakit ini sepertinya sudah mewabah di masyarakat. Tak sedikit dari penderita pun mengalami komplikasi karena penanganan yang kurang tepat. Bila hal ini terjadi pada pasien sasaran askep diabetes melitus, maka dalam rencana keperawatan perlu dilakukan kolaborasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Umumnya komplikasi yang dialami oleh penderita diabetes mellitus adalah adanya infeksi pada kulit sehingga luka tak kunjung sembuh. Untuk itu, pada askep diabetes melitus perlu dilakukan pengobatan dengan mendiskusikan kepada tenaga kesehatan lain yaitu dokter. Biasanya untuk kasus seperti ini hal pertama yang dilakukan oleh tenaga perawat adalah dengan membersihkan luka dengan NaCl.

Nah, itulah uraian singkat mengenai askep diabetes melitus yang dapat admin berikan. Cukup menarik bukan? Namun, tentunya anda yang sudah berkecimpung di dunia kesehatan khususnya perawat, bukan merupakan hal baru lagi. Semoga bermanfaat.

Askep Diabetes Melitus | guniwan | 4.5