Tips Jitu Menumbuhkan Minat Baca Anak

ilustrasi-komik-anak-001Membaca buku merupakan salah satu kebiasaan atau hobby yang banyak memberikan manfaat untuk yang melakukannya. Menambah pengetahuan, mengembangkan kerja otak dan lebih menumbuhkan emosi, merupakan hal yang bisa didapatkan dari kebiasaan membaca ini. Memang, terkadang untuk menumbuhkan hobby membaca ini cukup sulit, jangankan untuk anak-anak, untuk orang dewasa pun terkadang malas untuk melakukannya. Namun, kebiasaan ini tentu sangat bagus untuk tumbuh kembang anak. Untuk itu, peran orang tua tentu sangat penting untuk menumbuhkan minat baca anak sejak kecil.

Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan dan dilakukan oleh orang tua dalam menumbuhkan minat baca anak. Antara lain sebagai berikut :

 

  • Perpustakaan rumah. Tempat yang banyak dikunjungi orang-orang untuk membaca biasanya perpustakaan. Dan perpustakaan ini tidak hanya didapatkan di sekolah, di tempat umum, tapi juga bisa ditemukan di rumah dan dibuat sendiri. Tidak perlu perpustakaan yang luas dan memuliki buku yang banyak, cukup dengan merapihkannya dalam lemari buku khusus untuk memudahkan anggota rumah untuk membaca buku. Hal ini sangat bagus dalam menumbuhkan minat baca anak. Dengan melihat buku yang berjejer rapi, anak akan tertarik untuk mengikuti kebiasaan anggota keluarga lain yang terbiasa mengambil buku disana dan membacanya.
  • Mengajak ke toko buku. Ketika bermain bersama anggota keluarga ke luar, seperti ke mall, tempat yang harus dikunjungi tidak hanya toko baju atau toko mainan. Orang tua tentu harus membiasakannya mengenali toko buku. Di toko buku, tentu anak-anak akan menyukai buku yang banyak berjejer disana, dan memilih jenis buku apa yang dia senangi untuk di baca di rumah. Orang tua jangan memaksakan kehendaknya untuk memilihkan buku untuk anak, tapi biarkanlah mereka memilih buku kesukaannya sendiri. Hal ini dipercaya mampu menambah keinginan anak untuk tertarik membaca buku.
  • Selalu membawa buku pada saat bepergian. Dengan selalu membawa serta buku di tas, merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan minat baca anak. Ketika orang tua dan anak akan menghabiskan banyak waktu di luar, untuk menghilangkan rasa bosan anak, bisa membawa buku untuk dia baca ketika menunggu. Hal ini tentu akan menambah minat dia untuk sering membaca, dan bisa terbawa sampai dia dewasa.
  • Menemaninya membaca. Anak-anak akan lebih senang, jika orang tua ikut serta ketika dia membaca buku. Dengan adanya bimbingan orang tua, tentu bisa membuat suasana untuk membahas buku bacaannya bersama. Anak akan dengan senang menanyakan hal-hal yang dia tidak mengerti, dan disini bisa membuat susana berdiskusi yang menyenangkan bersama anak. Dengan kebiasaan ini, anak akan lebih senang karena orang tua selalu membimbingnya dalam setiap kegiatan, termasuk dalam membaca. Hal ini tentu akan menambah keinginannya untuk selalu membaca buku.
  • Jauhkan anak dari gedget atau alat elektronik. Saat ini, semakin banyak gedget dan elektronik yang bisa dimainkan anak, misalnya untuk menonton tv, bermain play stasion atau untuk bermain game lainnya. Benda-benda ini tentu akan menghambat minat anak dalam membaca. Untuk itu, sebaiknya hindarkan alat elektronik dan gedget untuk menumbuhkan minat baca anak. Dengan itu, anak tentu akan terbiasa membagi waktunya dengan baik, antara bermain dan membaca. Orang tua tentu bisa mengarahkannya lebih baik, agar anak lebih disiplin.

 

Selamat mencoba J

baca hentai anak keluarga, petunjuk cara bermain game blade of conquest
Tips Jitu Menumbuhkan Minat Baca Anak | toserba | 4.5