Staatdiea Negara Indonesia Dilihat dari Pasal 18 UUD 1945

bendera indonesia garuda nusantara 001Dalam UUD 1945 pasal 18 dijelaskan bahwa kembali bahwa bentuk negara Indonesia adalah negara kesatuan yang terdiri dari daerah provinsi yang terbagi juga atas daerah kabupaten dan kota. Namun dalam dalam butir yang ada di bawahnya terdapat inkonsistensi dari penekanan atas negara kesatuan.

Inkonsistensi tersebut dikarenakan adanya kenampakan dari ciri dari negara serikat, yaitu :

– Pemerintahan daerah mengurus pemerintahannya sendiri yang hanya dibatasi oleh UU yang diantaranya meliputi : Uang, politik luar negeri, agama, keamanan. Hal ini menunjukkan adanya kesamaan ciri dari negara serikat yang juga dalam pemerintahan daerahnya juga dibatasi akan kewenangan pemerintahan pusat dintaranya : uang, tentara, politik luar negeri.

– Adanya suatu DPRD dan kepala daerah yang dipilih langsung oleh rakyat didaerah melalui pilkada. Kondisi ini berdampak pada adanya kekuasaan dari gubernur, bupati/ walikota yang begitu besar karena hubungan secara hieraki hanya bersifat subordinatif dengan presiden. Hal ini saya rasa mendekati dari bentuk negara serikat karena kepala daerah bagaikan raja/ preiden kecil dengan kekuasaan yang begitu besar didaerah, dan terlihat seolah-olah terdapat banyak pemerintahan tersendiri didaerah-daerah yang dengan kekuasaan dan kewenangan tersendiri. Kemudian ditambah dengan diperbolehkannya berdirinya sebuah partai lokal dalam pelaksanaan otonomi khusus yang bilamana terdapat lemahnya atau celah dari kontrol yang ada dari pemerintahan pusat dapat mengakibatkan terjadinya disintegrasi. Hal ini juga memperlihatkan seolah-olah adan suatu kedaulatan intern dan ekstern yang terpisah, dimana kedaulatan ekstern berada pada pemerintahan pusat sedang kedaulatan intern ada pada pemerintahan daerah.

Staatdiea Negara Indonesia Dilihat dari Pasal 18 UUD 1945 | toserba | 4.5