Kajian Kaitan Hukum Dengan HAM

ham demo 001Hak Asasi Manusia (HAM) selama ini dipahami sebagai hak dasar yang dimiliki setiap manusia sejak dikandung dalam rahim seorang ibu hingga manusia tersebut meninggal dunia. Manusia sebagai makhluk sosial yang dalam hal ini adalah makhluk yang berkelompok yang membutuhkan manusia yang lain dalam hidupnya. Hal ini membawa suatu konsekuensi bahwa antar manusia atau dengan yang lain harus mempunyai sikap toleransi dan tenggang rasa atas masing-masing hak dasar manusia yang dimiliki. Adanya sikap egois yang dimiliki setiap manusia dapat menimbulkan gesekan atau konflik antar setiap individu di kelompok akibat pengunaan berlebih hak dasar (HAM) seseorang dan melanggar HAM orang lain.

Dari pengertian HAM diatas maka diperlukan adanya suatu perangkat aturan yang dapat mengatur hak-hak individu agar tidak terjadi gangguan kepentingan atau konflik antar individu akibat penggunaan yang berlebih atas HAM. Suatu perangkat tersebut merupakan pedoman, atau ukuran untuk berprilaku atau bersikap dalam kehidupan bersama yang disebut sebagai kaedah sosial atau norma.

Hukum merupakan bagian dari norma memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan HAM, hal ini dapat dikarenakan dari karakteristik hukum itu sendiri, yaitu (Mertokusumo 1999; 13):

  • Tujuan dari pembuatan hukum yang konkrit yaitu untuk menjaga ketertiban masayarakat dan mencegah timbulnya korban akibat konflik kepentingan.
  • Isi dari hukum untuk mengatur prilaku atau sikap lahir manusia.
  • Adanya sanksi dari masyarakat dan mengikat
  • Memberikan pengaruh dalam membebani kewajiban dan memberi hak.
  • Adanya suatu kekuasaan yang memaksa

Sehingga hukum menjadi penting dalam perspektif HAM karena hukum merupakan aturan tertulis yang konkrit mengatur prilaku manusia yang dibuat penguasa yang bertujuan untuk menjaga ketertiban masyarakat serta melahirkan hak dan kewajiban dan adanya sifat hukuman yang bersifat mengikat dan memaksa menjadikan individu untuk lebih bertanggung jawab atas penggunaan HAM yang dimilikinya.

Keberadaan HAM

Uraian tentang HAM diatas menyebutkan bahwa HAM adalah suatu hak dasar yang dimiliki oleh manusia yang kemudian melahirkan adanya suatu hak dan kewajiban atas HAM pada penggunaannya sesuai dengan aturan norma atau hukum yang ada. Keberadaan HAM ada untuk meningkat martabat manusia menjadi lebih baik. Selain itu, eratnya hubungan HAM dengan hukum menjadikan HAM berlaku efektif sesuai dengan perspektif penguasa dalam memandang HAM itu sendiri. Sehingga eksistensi HAM dalam suatu negara atau wilayah tergantung dari sikap masyarakatnya dan kebijakan atau politik hukum penguasa dalam menyikapi permasalahan tentang HAM.

hubungan hukum dan ham, hubungan ham dengan hukum, hubungan ham dengan hukum di indonesia, bagaimana hubungan HAM dengan hukum di Indonesia, keterkaitan HAM dan hukum yang berlaku, hubungan ham dan hukum, keterkaitan hukun dengan ham
Kajian Kaitan Hukum Dengan HAM | toserba | 4.5