Askep Diabetes Militus

Askep Diabetes Militus

Askep diabetes militus. (Foto: Flickr)

Askep diabetes militus atau asuhan keperawatan diabetes militus memang menjadi tugas wajib yang biasanya dilakukan oleh tenaga keperawatan. Kegiatan ini dilakukan intuk mengurangi dan juga menjaga kadar gula dalam darah pasien yang terkena penyakit diabetes.

Diabetes sendiri merupakan kondisi di mana kadar gula dalam darah semakin meningkat karena adanya gangguan metabolic pada organ pankreas sebagai penghasil insuli. Insulin merupakan hormone yang berperan dalam metabolism gula menjadi energy. Sebelum anda melakukan askep diabetes militus, ada baiknya jika anda mengathui mengenai penyakit yang akan anda tangani sehingga anda dapat memberikan perawatan yang benar.

Askep diabetes militus diawali dengan melakukan pengkajian dengan mengumpulkan data pasien misalnya mengenai riwayat penyakit. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena keturunan dan pola hidup yang kurang sehat sehingga anda pun nantinya dapat memberikan edukasi mengenai hal pokok yang sebaiknya dilakukan oleh penderita diabetes.

Apabila  dalam askep diabetes militus anda telah melakukan pengkajian data, selanjutnya anda dapat melakukan perencanaan keperawatan. Hal ini dapat anda lakukan dengan membantu membuat menu makanan yang cocok untuk pasien diabetes dan sebaiknya anda juga menyarankan kepada pasien untuk melakukan diet sehingga menghindari terjaadinya obesitas.

Selain dengan menganjurkan untuk diet, dalam askep diabetes militus anda juga dapat menganjurkan pasien agar melakukan olahraga dengan rutin. Tentunya hal ini juga dilakukan demi memperoleh kadar gula darah yang stabil dan terkontrol. Selain itu, dengan melakukan olahraga, sistem kekebalan tubuh anda pun akan meningkat sehingga anda penderita diabetes, memiliki resiko yang rendah untuk terserang penyakit diabetes.

Bila pasien askep diabetes militus yang anda tangani sudah terkena komplikasi, sebaiknya anda mengkombinasikan dengan pemakaian obat-obatan dan tentunya dengan terlebih dahulu melakukan konseultasi ke dokter. Semoga uraian di atas bermanfaat untuk anda khususnya para tenaga kesehatan.

Askep Diabetes Militus | guniwan | 4.5