Ciri-ciri Orang Hamil

Ciri-ciri Orang Hamil. Seiring perkembangan kehamilan, tubuh mulai mengalami perubahan sebagai bentuk adaptasi dari pertumbuhan janin. Perubahan pada tubuh ini umumnya tidak dirasakan oleh ibu hamil. Ada beberapa perubahan tubuh saat hamil yang mengganggu, namun ada juga perubahan tubuh yang tidak mengganggu. Meskipun begitu, perubahan yang merupakan ciri-ciri orang hamil ini adalah hal yang normal dan umumnya dapat diatasi.

Selain terlambat bulan (haid/menstruasi) yang merupakan tanda-tanda umum wanita yang sedang hamil, ada beberapa gejala lain yang berkaitan dengan kehamilan, seperti ciri ciri hamil berikut ini:

ciri ciri hamil

ilustrasi wanita hamil

Perubahan Peredaran Darah

Perubahan peredaran darah merupakan salah satu ciri-ciri hamil yang mudah terlihat, saat hamil sangat terlihat terutama pada bagian kaki. Ketika kandungan semakin membesar, pembuluh darah semakin mendapat tekanan terutama pembuluh darah yang mengalir ke kaki. Tekanan pada pembuluh darah ini akan menghambat sirkulasi darah di kaki, hal ini akan semakin parah jika ibu hamil berdiri atau duduk terlalu lama. Kondisi tersebut akan menimbulkan pembengkakan terutama pada pergelangan kaki dan telapak kaki. Pada kasus tertentu pembuluh darah pada permukaan kaki bisa menggembung. Kondisi ini biasanya disebut varises pembuluh darah.

 Nyeri Pada Perut

Pada masa kehamilan trimester kedua, umumnya muncul rasa nyeri pada perut terutama perut bagian bawah. Semua wanita hamil biasanya merasakan salah satu tanda-tanda kehamilan ini. Nyeri pada perut ini disebabkan oleh banyak hal, namun umumnya bersumber dari otot ligament. Otot ligament merupakan otot yang bertugas untuk menahan rahim agar tetap tegak. Otot ini semakin mengencang seiring pertumbuhan janin pada rahim yang semakin membesar. Akibatnya, seringkali ibu hamil mengalami kesakitan terutama saat bergerak.

Perubahan Pada Buah Dada

Saat hamil, buah dada akan mengalami peningkatan ukuran, kelunakan dan kepekaan. Perubahan ini merupakan bentuk penyesuaian yang normal untuk tubuh. Perubahan ini tidak terjadi diawal-awal kehamilan, namun pada trimester ke 3, perubahan mulai terjadi ditandai dengan kelenjar susu yang mulai aktif. Menginjak usia kehamilan 7 bulan, buah dada mulai memproduksi kolostrum atau semacam cairan berwarna putih kekuningan yang merupakan makanan awal untuk bayi.

Demikian ciri-ciri orang hamil yang umumnya terjadi pada setiap wanita. Dengan mengetahui ciri ciri wanita hamil ini, selanjutnya bisa dilakukan perawatan secara intensif terhadap kehamilan, supaya kesehatan calon bayi tetap terjaga.

Ciri-ciri Orang Hamil | toserba | 4.5