Cara Membuat Proposal Penawaran Produk yang Bagus

Cara Membuat Proposal Penawaran Produk yang Bagus. Meskipun dalam dunia bisnis merupakan hal yang biasa, namun membuat proposal penawaran produk yang bagus bukan masalah mudah. Dibutuhkan tata cara yang benar serta bahasa formal yang lugas dan mudah dimengerti.

Khusus pada postingan kali ini, kita akan coba membahas langkah-langkah membuat proposal penawaran produk yang baik dan benar.

Kepala Surat

Kepala surat merupakan unsur penanda pada proposal mencakup nama, alamat dan penerima proposal tersebut. Bagian kepala surat umumnya terdapat tambahan kata “Hal”, kadang juga ditulis “Perihal”. Kepala surat merupakan unsur paling penting karena memiliki peran sebagai identitas dari sebuah proposal. Biasanya “penawaran Produk” diletakkan pada kolom tertentu, hal ini dimaksudkan agar mempermudah penerima proposal untuk membedakan apakah proposal tersebut adalah proposal penawaran produk atau proposal penawaran kerjasama.

Isi / Badan Surat

Badan surat atau isi proposal diawali dengan introduksi kepada bisnis yang sedang Anda jalankan. Dalam penyusunan badan surat ini, usahakan singkat, jelas dan tidak bertele-tele namun spesifik. Misalnya cukup nama perusahaan atau bisnis Anda, kemudian tanggal bulan dan tahun berdirinya perusahaan ditambah dengan keterangan legalitas badan usaha Anda dari instansi terkait supaya penerima proposal bisa yakin dan percaya. Ingat, jangan terlalu panjang menjelaskan perusahaan Anda. jika terlalu panjang, pihak penerima akan merasa jenuh dan berhenti membaca sebelum sampai pada tujuan utama proposal tersebut.

Proposal penawaran produk, sebaiknya disertakan informasi produk yang ditawarkan. Usahakan mencantumkan detail produk mencakup kualitas, harga serta spesifikasi produk supaya tidak muncul pertanyaan lagi dari pihak penerima. Jika produk lebih dari satu macam, sebaiknya menyertakan foto dari masing-masing produk yang bisa dilampirkan pada proposal tersebut.

Pada akhir badan surat, jika diperlukan Anda bisa menambahkan keterangan promosi sebagai pengenalan produk-produk yang Anda tawarkan.

Penutup

Pada setiap proposal penawaran produk yang bagus, umumnya bagian penutup berisi ucapan terimakasih kepada pihak penerima proposal, disertai permohonan waktu untuk memeriksa, mempelajari dan mempertimbangkan isi proposal yang Anda tawarkan. Dibagian penutup ini pula, Anda wajib mencamtumkan alamat, email atau nomor telepon yang mudah dihubungi pihak penerima proposal.

contoh proposal penawaran produk, contoh proposal penawaran, proposal penawaran produk, proposal penawaran, proposal penawaran barang, cara membuat proposal penawaran, contoh proposal penawaran barang
Cara Membuat Proposal Penawaran Produk yang Bagus | toserba | 4.5