5 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

5 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil. Dalam kehamilan, seorang wanita yang sedang hamil harus selalu menjaga kondisi kesehatannya, dan harus selalu tercukupi kebutuhan nutrisinya, karena mereka sudah tidak sendiri, ada janin bayi di perutnya yang butuh nutrisi yang sehat juga.  Asupan gizi yang sehat dan cukup diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin bayi dalam kandungan. Nutrisi  saat hamil bisa diperoleh dari makanan yang biasa kita makan tiap hari.  Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang sehat untuk ibu hamil :

Ini Dia Daftar Makanan Yang Bagus buat Ibu Hamil

 

 
makanan sehat ibu hamil

 

 

1.    Daging Bebas Lemak

Daging merupakan sumber protein. untuk kesehatan janin, sebaiknya mengkonsumsi daging yang telah dipisah dari lemaknya. Masak daging pada suhu tinggi untuk membunuh bakteri yang kemungkinan masih terdapat pada daging seperti bakteri salmonella dan Listeria monocytogenes. Hindari makan Hot Dog yang umumnya menggunakan daging setengah matang.

2.    Telur

Telur banyak mengandung protein berkualitas yang berguna untuk membangun pertumbuhan sel-sel janin karena setiap sel janin sebenarnya terbuat dari protein. Selain itu, telur mengandung lebih dari 12 vitamin yang penting untuk mencukupi nutrisi waktu hamil. Telur juga kaya lemak omega-3 dan kolin yang bermanfaat untuk kesehatan otak bayi dan pengembangan penglihatan serta mencegah kecacatan pada tabung syaraf.

3.    Kacang

Kacang memiliki manfaat yang tidak bisa diragukan lagi untuk ibu hamil. Dari semua jenis kacang-kacangan, kacang buncis memiliki kadar serat dan protein paling tinggi. Sewaktu hamil, wanita rentan dengan masalah kesehatan seperti saluran pencernaan yang melambat, sembelit dan wasir. Hal tersebut bisa diatasi dengan kandungan serat pada kacang buncis. Selain serat biji kacang merupakan sumber kalsium, seng dan zat besi.

4.    Ikan Salmon

Ikan salmon tidak hanya kaya protein, namun juga merupakan sumber lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kecerdasan otak bayi. Ikan salmon mengandung kadar merkuri lebih rendah dibanding jenis ikan lainnya sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Untuk menghindari bahaya merkuri dalam ikan salmon, sebaiknya penyajiannya dibatasi maksimal 12 ons perminggu.

5.    Popcorn

Popcorn terbuat dari gandum. Gandum merupakan jenis biji-bijian yang mengandung vitamin E, fitonutrien, dan selenium untuk menutrisi janin dan memproteksi sel-sel kandungan. Selain popcorn, jenis makanan lain yang terbuat dari gandum seperti roti gandum dan oatmeal sangat baik dijadikan alternatif sebagai makanan untuk ibu hamil.

Demikian info singkat kami tentang makanan sehat untuk wanita hamil, jika ada makanan sehat lainnya yang tidak masuk dalam bahasan diatas dan menurut anda perlu di masukkan, silakan tuliskan saran anda di kolom komentar dibawah ini yah. Dan kalau berkenan tolong di share ke twiter, facebook, google plus +1 dll yah, agar ibu-ibu hamil semua pada tahu.

 

5 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil | toserba | 4.5