Kenapa ya Diet Seimbang itu Penting?

Diet seimbang, seperti yang sering dinyatakan, adalah kunci untuk hidup bahagia. Pernah berharap didunia itu jumlah penyakit cuma sedikit? Nah, yang mungkin hanya dengan beberapa perubahan dalam gaya hidup Anda dan hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk lebih dekat dengan tujuan Anda hidup bahagia adalah makan dengan diet seimbang.

Nutrisi utama untuk tubuh adalah protein, karbohidrat, dan lemak. Ini memberikan tubuh energi untuk berbagai fungsi seperti detak jantung, aktivitas otot dan otak. Selain itu, tubuh membutuhkan vitamin dan mineral agar berfungsi optimal. Untuk mendapatkan diet dan gizi seimbang, penting untuk memilih makanan dari semua kelompok makanan (sereal, kacang-kacangan, unggas dan daging, susu dan produk susu, buah-buahan dan sayuran dalam rencana diet seimbang anda).

Pentingnya Gizi dan Diet seimbang adalah sebagai berikut:

diet seimbang

makanan sehat dan diet seimbang

Memastikan asupan makronutrien secara optimal: Protein, karbohidrat dan lemak adalah macronutrients yang dibutuhkan tubuh Anda. Mereka dibutuhkan untuk menjaga dan mengatur fungsi tubuh. Kebanyakan orang dengan aktivitas rata-rata harus mendapatkan sekitar 50 persen dari total kalori harian mereka dari karbohidrat, 15 persen menjadi 20 persen berasal dari protein dan 30 persen berasal dari sumber lemak. Orang-orang yang terlibat dalam olahraga ketahanan (misalnya, bersepeda jarak jauh atau lari marathon) harus mendapatkan 60 persen menjadi 70 persen dari total kalori harian mereka dari karbohidrat.

 Perhatikan juga total asupan mikronutrien: Mikronutrien yang dibutuhkan dalam jumlah kecil, tetapi mereka dibutuhkan untuk menjaga dan mengatur beberapa fungsi tubuh. Makan makanan yang bervariasi meningkatkan kemungkinan semua mikronutrien Anda (vitamin dan mineral) perlu dipenuhi, namun, seperti kebanyakan anak-anak dan anak-anak gagal untuk makan makanan sehat, multivitamin harian dengan suplemen mineral mungkin jadi pilihan tepat. Sebelum memulai suplemen apapun, konsultasikan dengan dokter Anda karena bahkan suplemen vitamin dan mineral dapat memiliki efek samping jika dosis harian melebihi tunjangan harian yang direkomendasikan.

Memfasilitasi hidrasi: Tubuh Anda mengandung sekitar 60-75 persen air. Hal ini diperlukan untuk beberapa fungsi utama seperti pengaturan suhu, transportasi dan penyerapan nutrisi dan penghapusan produk limbah dari tubuh. Merasa haus, mulut kering, kelelahan, sakit kepala dan pusing menunjukkan bahwa Anda perlu cairan. Jika asupan cairan Anda tidak memadai akan dapat menyebabkan dehidrasi. Asupan cairan harus liberal untuk mencegah dehidrasi yaitu minum enam sampai delapan gelas cairan setiap hari. Asupan cairan tidak hanya mencakup air tetapi semua jenis minuman, buah-buahan dan jus sayuran juga. Tapi air adalah yang terbaik untuk mencegah dehidrasi. Ini tidak mengandung kalori kosong atau kafein.

Mencegah penyakit: jika Anda makan diet seimbang, Anda secara tidak sadar telah melindungi diri dari beberapa penyakit yang berhubungan dengan penuaan seperti penyakit jantung dan diabetes. Anda harus, bagaimanapun, hindari hanya dengan satu jenis diet karena meskipun bahwa salah satu diet dapat mencakup hanya sayuran (yang dianggap sehat), Anda mungkin akan kehilangan nutrisi penting dari sayuran lainnya.

Menginduksi tidur lelap: Makan banyak jenis makanan dapat menyebabkan Anda sudah tidur. Beberapa makanan ini adalah mereka yang tinggi gula buatan, seperti permen. Makan makanan yang berat dengan kandungan minyak dapat menyebabkan masalah bangun di pagi hari. Jadi, jika Anda memanjakan diri dalam diet seimbang, Anda akan memperoleh tidur yang lebih baik bahkan tanpa menggunakan obat tidur dan terbangun dengan perasaan lebih santai.

A lebih baik dan lebih bahagia dalam gaya hidup: Ketika Anda mulai makan dengan diet seimbang, Anda mulai memiliki lebih banyak energi, merasa kurang stres dan mencapai lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan ketika Anda mengonsumsi diet yang tidak pantas.  Diet adalah dasar dari kesehatan seseorang

 

Kenapa ya Diet Seimbang itu Penting? | toserba | 4.5