Diet Diabetes Mellitus

Diet Diabetes Mellitus

Diet diabetes mellitus. Foto : Wikipedia

Diet diabetes mellitus yang paling baik adalah dengan melakukan diet kalori terbatas. Namun, bukan berarti jika anda tidak boleh melakukan variasi terhadap menu diet anda. Sesekali anda dapat mengubahnya menjadi diet rendah lemak ataupun rendah sodium jika anda merasa bosan dengan makanan yang itu itu saja.

Dalam melakukan diet diabetes mellitus, hal terpenting yang memang harus selalu anda perhatikan adalah mengenai jumlah kalori. Anda harus menghitung secara cermat berapa jumlah kalori yang anda butuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini penting untuk anda lakukan agar jumlah asupan kalori anda tidak melebihi jumlah kaori yang anda butuhkan.

Nah, pada kesempatan kali ini admin akan mencoba membagikan kepada anda khususnya para penderita diabetes mengenai diet diabetes mellitus. Apabila anda tertarik, silahkan simak uraian tentang diet diabetes mellitus berikut ini.

1. Makan makanan yang mengandung karohidrat kaya akan serat
Untuk menu makanan diet diabetes mellitus ini berarti anda harus mulai bisa meninggalkan makanan pokok yang biasa anda konsumsi yaitu nasi putih. Memang bukan hal yang mudah untuk membiasakan tidak makan nasi putih, tetapi demi menjaga kadar gula darah, anda harus melakukannya, terlebih dengan makan nasi putih tak banyak manfaat yang dapat anda peroleh. Anda dapat mulai membiasakan untuk makan beberapa jenis makanan yang dapat menjadi makanan pokok, seperti beras merah, sorghum, oats dan roti. Selain memiliki kandungan kalori yang cukup rendah, beberapa jenis makanan ini pun dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan anda.

2. Olahraga
Seperti halnya diet pada orang normal, diet diabetes mellitus pun menyarankan anda untuk melakukan olahraga secara rutin. Namun, untuk penderita diabetes tidak disarankan untuk melakukan olahraga yang terlalu berat mengingat kondisi fisik pada penderita sangat lemah.

3. Minum air putih
Diet diabetes mellitus sangat dianjurkan untuk minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan dan juga membantu memperlancar aliran darah karena seperti yang anda ketahui, pada penderita diabetes, darah cenderung lebih pekat jika dibandingkan pada kondisi normal.

Demikian uraian yang dapat admin berikan mengenai diet diabetes mellitus. Semoga bermanfaat untuk anda.

Diet Diabetes Mellitus | guniwan | 4.5